SU-LAC (Spring up Leadership Assessment Center)

Assessment Center merupakan sebuah proses penilaian/asessemen secara terintegrasi yang dilakukan secara sistematis baik untuk melihat kemampuan dan potensi kemampuan, serta sikap yang dimiliki oleh kandidat calon pemimpin/leader perusahaan dengan menggunakan berbagai simulasi, wawancara, inventori dan tes terstandar. Di dalam proses ini akan terlibat beberapa assessor dan berbagai simulasi agar dapat lebih mampu memotret kandidat dari berbagai sudut.

Di dalam pendekatan assessment center ini, seorang kandidat akan dilihat melalui berbagai sisi dan cara. Ibarat sedang melakukan pemotretan, maka satu objek fotografi akan dilihat dari berbagai sudut dan posisi. Demikian pula dalam proses assessment center ini, oleh karenanya memakan waktu yang tidak dapat dilakukan secara singkat, berkisar 1½  hingga 2 hari penuh.  Kandidat selama assessment center ini akan dihadapkan dengan berbagai tahapan proses, mulai dari tes tertulis (dalam bentuk inventori ataupun power test), tes proyektif, dan berbagai macam simulasi (in-tray, presentasi, simulasi permainan kelompok) kemudian diakhiri dengan wawancara yang bukan hanya bersifat mendalam, namun wawancara keperilakuan atau dikenal dengan Behavior Evidence Interview (BEI), guna melacak perilaku kandidat di masa lalu sebagai predictor perilakunya di masa dating ketika menghadapi situasi yang identik.

Kekuatan dari metode ini, selain dilakukan dengan multi metode dan simulasi, juga harus dilakukan oleh multi assessor. Setiap kandidat akan dinilai oleh lebih dari 2 asessor, yang kemudian pada proses konsolidasi hasil penilaian akan dibahas dinamika munculnya nilai tersebut. Tentu saja prinsip multi metode dan multi assessor ini dapat meningkatkan kejelian dalam proses seleksi, dan menjamin objektivitas dalam proses asesmen.

Pada sisi pembuatan laporan, assessment center menyajikan laporan yang sangat lengkap dan terintegrasi, tidak hanya dari aspek kemampuan intelektual, kerja dan manajerial, ketrampilan serta karakter pribadi yang dimiliki, namun secara terintegrasi juga dapat menguraikan bagaimana kandidat mendekati sebuah masalah, tipe pengambilan keputusan, proses adaptasi, dan tentu saja terlebih lagi dapat disajikan bagaimana kekuatan passion/dorongan dan prioritas hidup yang ingin dicapainya, dalam sebuah laporan yang terintegrasi. Bentuk hasil laporan psikologis ini disajikan dalam sebuah exclusive booklet sehingga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan.

Informasi lebih lanjut hubungi: (0274) 523 632


Inspirasi terkait