Membaca merupakan suatu fungsi tertinggi dari otak manusia, dari semua makhluk di dunia ini, hanya manusia yang mampu membaca (Domain, 1991).

Beberapa segi positif dari membaca adalah:

    1. Dapat membuka dunia baru bagi pembaca
    2. Dapat meningkatkan kecerdasan
    3. Dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan diri. Kemampuan ini sangat mendukung anak dalam meningkatkan harga diri dan prestasi belajar
    4. Membantu mendapatkan pengertian tentang masalah-masalah dan bagaimana mengatasinya
    5. Dapat memperoleh pengetahuan baru, sehingga menjadi lebih kreatif

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pengajaran membaca dini. Kedua hal ini diungkapkan oleh Munandar (dalam Wulan 1998):

  • Setiap anak memiliki kematangan untuk membaca yang berbeda-beda, sehinga tidak dapat ditentukan suatu kriteria umur tertentu. Namun secara umum, dapat ditentukan bahwa anak mengalami masa peka membaca saat dia menunjukkan minat terhadap bentuk-bentuk dan huruf.
  • Belajar membaca hendaknya bukan merupakan tekanan pada anak. Belajar membaca oleh karenanya harus dilakukan dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Apabila anak merasa terpaksa dalam membaca, maka kegiatan membaca diasosiasikan dengan sesuatu yang menakutkan, karena anak tidak mampu. Selanjutnya anak akan merasa enggan untuk membaca.

Yang sekali lagi perlu diingat dan ditekankan adalah bahwa membaca merupakan ketrampilan yang penting, yang dapat diajarkan sejak dini. Namun, dalam mengajarkan harus sekali lagi diingat untuk membuat membaca menjadi suatu permainan yang menyenangkan, bukan suatu hukuman, melainkan hadiah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *