1. Tes Intelijensi/Kecerdasan (IQ)

Salah satu karakteristik psikologis manusia adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru, terutama kapasitas untuk belajar pada aktivitas sehari-hari. Tes kecerdasan (IQ) digunakan untuk memetakan karakteristik psikologis tersebut.
Aspek yang dapat diungkap melalui tes IQ meliputi: kesiapan untuk menerima informasi, kemampuan pemahaman, kemampuan menjelaskan atau mendeskripsikan, kemampuan berpikir abstrak, memori, logika numerik, penalaran, organisasi visual, analisis spasial, kemampuan konstruksi, serta ketelitian dan kecepatan.

Manfaat tes Intelijensi /IQ antara lain:

– mengetahui tingkat kecerdasan secara umum
– mengukur kesiapan klien menghadapi dunia sekolah
– referensi bagi orang tua untuk mengembangkan kemampuan anak secara optimal
– referensi dalam penanganan masalah akademik

Tempat penyelenggaraan tes dapat dilakukan secara klasikal di kantor Spring Consultant, di sekolah atau institusi lainnya. Tes IQ juga dapat dilakukan secara individual di rumah melalui program iTOD (individual Test On Delivery). Waktu tes berkisar antara 1,5 – 3 jam.

2. Tes Minat-Bakat

Tes Bakat merupakan asesmen psikologis yang digunakan untuk melihat potensi bakat dan kecenderungan minat yang dimiliki oleh individu. Tes minat bakat mampu mengungkap aspek kecerdasan umum dan kecerdasan khusus (kemampuan pemahaman, penalaran, pengertian mekanik, ruang bidang, numerik dan ketelitian).
Tes minat bakat bermanfaat untuk:
– melihat potensi bakat spesifik klien sesuai dengan bidang tertentu
– melihat kecenderungan minat klien
– melihat gaya dan model belajar anak
– referensi dalam penentuan jurusan akademik yang akan diambil, baik penjurusan di tingkat SMA maupun, perguruan tinggi.

Tempat penyelenggaraan dapat dilakukan secara klasikal di kantor Spring Up Consultant, sekolah atau institusi lainnya serta dapat juga dilakukan secara individual di rumah melalui program iTOD (individual Test On Delivery). Durasi tes sekitar 4 jam.

3. Tes Rekrutmen Try-out (Tes Potensi kerja untuk Mahasiswa)

Merupakan program latihan tes rekrutmen yang disediakan bagi fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir yang ingin mengetahui potensi dirinya dan menginginkan referensi bidang pekerjaan yang cocok untuknya. Durasi pelaksanaan tes dapat mencapai sekitar 4 jam. Program tes ini dapat dilakukan secara klasikal di institusi pendidikan klien atau secara individual di rumah klien melalui program iTOD. Hasil tes dapat dikonsultasikan lebih lanjut untuk mengetahui jenis pekerjaan yang sesuai dengan kondisi psikologis klien berdasarkan hasil tes tersebut sehingga klien dapat lebih terarah di dalam mencari pekerjaan.

Informasi dan jadwal hubungi: (0274)523632


Program Individu lainnya: