Orang-orang yang sibuk adalah pemandangan jamak di mata kita, bahkan mungkin anda sendiri termasuk salah satunya. Menurut Brian Tracy (anda dapat melihat videonya di sini) menjadi orang sibuk dan menjadi produktif adalah hal yang sangat berbeda. Menjadi “sibuk” berarti selalu disibukkan dengan hal-hal yang harus dikerjakan, sedangkan “produktif” berarti mengerjakan sesuatu ke arah tujuan (purpose) tertentu.

Tracy juga mengatakan bahwa orang-orang produktif cenderung lebih bahagia, diantaranya karena:

  • Semakin banyak pencapaian, semakin baik perasaan anda terhadap diri sendiri. Daripada pusing dengan berat atau ringannya tugas yang akan anda kerjakan, lebih baik fokus terhadap upaya penyelesaian tugas tersebut. Setiap kali mencoret sesuatu dari daftar “to do list”, otak akan mengeluarkan dopamine, hormon yang membuat anda merasakan puas.
  • Ketika memiliki suatu yang ingin diraih, anda akan merasa lebih bersemangat mengerjakannya. terlebih lagi, dengan memiliki target yang solid, secara otomatis mindset anda akan lebih siap dan fokus ke arah tujuan tersebut.
  • Bersihkan kekacauan. terlalu banyak hal yang memenuhi ruang hidup anda, akan secara otomatis mengundang datangnya stress.
  • Olah raga, olah raga merupakan mood booster otomatis yang dapat menyegarkan fisik dan mental.
  • Beraktifitas sepanjang waktu, dengan terlibat dalam aktivitas atau proyek, pikiran-pikiran negatif tidak sempat muncul dan mengganggu.
  • Tujuan (purpose), indikator kunci bahwa anda produktif (bukan hanya sibuk semata) adalah pada anda bekerja ke arah tujuan.

Sudah produktif-kah kesibukan anda?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *