Selamat Hari Guru Nasional 2020

Tanggal 25 November mulai diperingati sebagai Hari Guru Nasional semenjak ditetapkan tahun 1994 lalu sebagai penghargaan terhadap peran guru yang sangat penting dalam pembangunan nasional khususnya pengembangan kualitas manusia indonesia. Tanggal ini bertepatan dengan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yaitu 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan RI.

PGRI dan Hari Guru Nasional

Lahirnya PGRI sendiri bermula jauh sebelum kemerdekaan, yaitu dari organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang terbentuk pada masa penjajahan Belanda tahun 1912. Organisasi ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah, yang umumnya bertugas di Sekolah Desa serta Sekolah Rakyat Angka Dua. Selain PGHB yang bersifat umum, berdiri pula organisasi-organisasi guru yang bersifat spesifik golongan tertentu misalnya Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB). Selain itu ada Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), dan Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM).

Pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Penggunaan kata Indonesia mengindikasikan semangat kebangsaan dan persatuan di antara guru serta tenaga kependidikan yang sangat didambakan waktu itu, akan tetapi tentunya tidak disukai oleh penjajah. Pada masa pendudukan Jepang aktivitas PGI dilarang, sekolah dinonaktifkan, dan kegiatan organisasi pun dilarang. Setelah proklamasi kemerdekaan, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama kalinya pada 24-25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah. Salah satu hasil Kongres adalah mereka mengesahkan terbentuknya PGRI. Organisasi guru dengan berbagai latar belakang dihapuskan. Guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan berada dalam satu wadah PGRI.

Kini, 75 tahun setelah indonesia merdeka, peran guru tetap sangat penting dalam pengembangan kualitas SDM Indonesia. Guru bukan hanya sebuah profesi namun peran dan aktifitas dalam mendidik generasi penerus bangsa untuk menemukan potensi dan kepercayaan dirinya menghadapi tantangan dan perkembangan zaman sebagai bangsa Indonesia.

Semua guru dan pendidik, Selamat Hari Guru Nasional.

Dikutip dari berbagai sumber. Sumber gambar https://www.impactteachers.com dengan modifikasi.

Sekilas Tentang Hari Guru Nasional
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *